Saturday, April 16, 2016

Ikan Cupang



Ikan cupang halfmoon adalah salah satu jenis ikan cupang yang memiliki ekor dan sirip yang simetris menyerupai bentuk setengah bulan. Ikan cupang halfmoon merupakan ikan cupang hasil perkawinan silang yang dilakukan oleh breeder Amerika Serikat, yaitu Peter Goettner sekitar tahun 80-an.
Kecantikan ikan cupang halfmoon tidak hanya terlihat di bagian ekor dan siripnya saja, namun juga terdapat dihampir keseluruhan tubuh ikan. Selain itu,
gerakan ikan cupang halfmoon ini juga terlihat anggun. Keindahan ikan cupang halfmoon juga terdapat pada varian ikan plakat, yaitu ikan cupang plakat halfmoon. Hal yang membedakan adalah ukuran ekor ikan cupang plakat halfmoon lebih pendek daripada ikan cupang halfmoon.
Setelah berkembang di Amerika Serikat, ikan cupang halfmoon juga dikembangkan di Perancis. Karena ikan ini sudah mulai populer di kalangan pecinta ikan cupang, ikan cupang halfmoon diikutsertakan dalam sebuah kontes cupang internasional, yaitu IBC. Namun, dalam kontes tersebut, IBC masih belum mengakui kehadiran ikan cupang halfmoon ini meski ikan cupang ini memiliki segudang keistemawaan dan para juri IBC belum memberikan kemenangan pada ikan ini.
Penilaian IBC tersebut sangat berbeda dengan respon masyarakat mengenai ikan cupang ini. Sejak diikutsertakan dalam kontes IBC di Alabama, ikan cupang halfmoon ini semakin terkenal. Hal ini diperlihatkan dengan semakin menyebarnya ikan cupang halfmoon di kawasan Eropa lainnya, seperti Swiss.
Karena ikan cupang masih di pandang sebelah mata di dalam kontes IBC, para breeder dari Amerika Serikat, Swiss, dan Perancis membentuk organisasi baru yang dinamakan International Betta Splendens Club dengan tujuan untuk mewadahi kontes ikan cupang halfmoon dari berbagai belahan dunia. Dari organisasi tersebut menjadikan ikan cupang halfmoon di kenal di seluruh dunia, termasuk di Asia Tenggara.

No comments:

Post a Comment