Saturday, April 16, 2016

Ciri-Ciri Kucing Anggora



Jika dinilai dari kepribadian anggora, kucing ini merupakan kucing peliharaan yang cerdas dan mudah menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya. Penyesuaian ini tidak hanya pada pemiliknya saja, namun mereka akan begitu mudah bersahabat dengan teman dan bahkan binatang peliharaan anda yang lain. Ada catatan unik dari kucing ini, entah mengapa meskipun mereka suka dengan orang lain, namun mereka lebih sayang terhadap pemiliknya. Coba deh buktikan kalau tidak percaya. Kucing ini akan menyambut setiap tamu yang datang kerumah anda tanpa anda ajari terlebih dahulu.

Bila dilihat dari ciri-ciri fisiknya, pawakan anggora tidaklah terlalu besar. Biasanya seekor anggora memiliki berat antara 4 hingga 5 kilogram untuk kucing dewasa dan sekitar 3 kg untuk anak kucing anggora. Berikut ini ciri-ciri fisik yang bisa anda catat jika anda ingin membandingkan anggora dengan jenis kucing peliharaan yang lain
a. Postur Tubuh
Postur tubuh anggora sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kucing kampung. Jangan membandingkannya dengan kucing persia yang mungkin bisa sangat besar karena bulu-bulunya yang sangat lebat. Anggora biasanya berpostur sedang, ya bisa deh dibilang tidak terlalu gede dan tidak terlalu mungil, kata orang sih pas pokoknya. Dengan postur yang tidak terlalu bongsor dan berat rata-rat cuma 5 kg membuat kucing ini bisa sanagt aktif dan ringan kalau mau dibawa kemana-mana.
b. Kepala dan Wajah Anggora
Mungkin agak sulit kalau kita mengenali anggora dari kepalanya. Tidak seperti kucing persia yang memiliki wajah futuristik / pesek, Anggora justru memiliki wajah yang universal dengan wajah lonjong dan hidungnya yang panjang. Anda justru bisa mengenali dengan mudah dengan mencermati bagian telinga dan kepala. Kepala dan telinga anggora itu lain, telinga anggora itu bentuknya agak seperti segitiga yang panjang keatas. Wajahnyapun juga agak segita jadi kalau dilihat-lihat seperti kucing yang berwibawa dan gagah.
c. Mata
Mungkin mata merupakan bagian tubuh anggora yang bisa anda kenali ketika sedang mencermati seekor kucing. Kondisi mata yang unik pada anggora telah dikenal oleh beberapa kalangan yang jeli melihat hal tersebut. Bila anda cermati, anda akan menemukan bahwa kucing anggora berwarna putih biasanya memiliki warna biru pada mata kanan dan warna kucing untuk mata kiri.
d. Ekor
Ekor menjadi salah satu ciri anggora yang bisa anda kenali. Biasanya ekor anggora itu terlihat mengembang. Kondisi mengembang ini sangat terlihat karena bulu ekor yang lebat dan menutupi semua bagian ekor dengan menyeluruh.
e. Bagian Kaki
Anda mungkin akan sulit menemukan tipe kucing anggora yang memiliki tubuh kerdil / kakinya yang pendek. sebgaian besar kaki anggora itu tinggi, jadi memang keihatan gagah ketika mereka sedang berdiri.
f. Bulu
Bulu yang dimiliki oleh anggora sangatlah halus dan lembut. Menurut beberapa peternak anggora, bulu kucing ini hanya membutuhkan perawatan yang sangat minimal. Kata mereka anda hanya perlu menyisir sekali atau dua kali dalam seminggu menggunakan sisir bergigi halus. Mungkin beda ya kalau dibandingkan dengan kucing persia yang harus mendapat perawatan ekstra terlebih jika si-persia telah main diluar rumah.
Umur Kucing Anggora
Menurut dari beberapa referensi yang saya baca, anggora biasanya dapat bertahan hidup hingga umur 12 hingga 18 tahun. Jika anda memberikan perawatan yang maksimal pada kucing ini, tentu saja anda akan mendapatkan kucing dengan daya hidup lebih lama. Jadi kalau sudah memeliharanya, jaga dengan baik-baik ya.

1 comment: